Santos Melaju ke Final Piala Dunia Antar Klub

Neymar. REUTERS/Toru Hanai

TEMPO.CO, Yokohama – Santos berhasil memastikan tiket ke final Piala Dunia Klub 2011, usai mengalahkan tuan rumah, Kashiwa Reysol dengan skor 3-1 di Yokohama Stadium, Rabu 14 Desember 2011. Gol dari Neymar, Borges dan Danilo hanya mampu dibalas oleh satu gol Kashiwa lewat Hiroki Sakai.

Sejak peluit babak pertama dibunyikan, Santos langsung mengambil inisiatif penyerangan. Di menit keempat, Santos memiliki peluang emas di depan gawang Kashiwa, namun tendangan Neymar masih membentur mistar gawang.

Serangan bertubi-tubi Santos akhirnya berbuah gol. Pada menit ke-19, Neymar mampu mencetak gol dari luar kotak penalti dengan melepaskan bola ke pojok kanan atas gawang. Kiper Kashiwa, Takanori Sugeno pun hanya terpana melihat tendangan tersebut. Skor 1-0 berubah untuk keunggulan Santos.

Klub asal Brasil itu berhasil menggandakan keunggulan di menit 24, setelah sepakan Borges dari luar kotak penalti kembali menembus gawang Sugeno. Kashiwa bukannya tanpa serangan, namun, usaha mereka selalu kandas oleh kuatnya pertahanan Santos yang dikomandoi, Durval dkk. Hingga turun minum skor 2-0 tidak berubah.

Di babak kedua Kashiwa sempat memperkecil keadaan pada menit ke-54. Tendangan sudut Jorge Wagner berhasil disundul oleh Sakai. Usaha Hidekazu Otani dan kawan-kawan untuk mengejar ketertinggalan semakin berat. Soalnya justru Santastico yang menambah gol di menit ke-63. Tendangan bebas Danilo dari jarak 25 meter langsung mengarah ke kiri gawang Kashiwa, Sugeno kembali tidak bergerak.

Menit ke-74 Kashiwa nyaris memperkecil ketertinggalan. Sayang tendangan Masakatsu Sawa dari sisi kanan pertahanan Santos masih membentur tiang gawang Rafael. Di menit ke-82 Sawa kembali membuang peluang. Umpan Leandro dari sayap kanan tak mempu dimanfaatkan dengan baik oleh pemain berusia 28 tahun itu. Santos nyaris mencetak gol keempatnya di menit ke-84, namun tendangan Ibson membentur mistar gawang.

Hingga peluit akhir dibunyikan Santos tetap unggul 3-1. Hasil itu mengantar Santos melaju ke final yang akan digelar pada 18 Desember 2011 di International Stadium Yokohama. Santos masih menunggu pemenang antara Barcelona melawan Al Sadd yang akan digelar besok, 15 Desember 2011.

Susunan Pemain :
Santos
Rafael; Edu Dracena, Durval, Bruno Rodrigo, Danilo (Bruno Aguiar 90’); Elano (Alan Kardec 59’), Henrique , Arouca, Paulo Henrique Ganso; Borges (Ibson 80’), Neymar.

Kashiwa Reysol
T. Sugeno; T. Masushima, N. Kondo, W. Hashimoto (Hyodo 69’), H. Sakai; Jorge Wágner, R. Kurisawa, H. Otani, Leandro Domingues; M. Kudo (Kijitama 46’), J. Tanaka (Sawa 65’)

Posted on Desember 15, 2011, in Sepakbola. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: