100 Juta Warga Eropa Tak Tersentuh Internet

Menurut data yang dilansir oleh Eurostat, lebih dari separuh warga Rumania, dan hampir separuh penduduk Bulgaria, Yunani, Siprus, dan Portugal tidak punya akses Internet di rumahnya.

VIVAnews – Hampir seperempat dari 500 juta penduduk Uni Eropa tidak pernah menggunakan internet. Ironisnya, kesenjangan antara penduduk utara Eropa yang melek internet dengan penduduk Selatan dan Timur Eropa yang lebih miskin semakin lebar.

Menurut data yang dilansir oleh Eurostat, lembaga statistik Uni Eropa, lebih dari separuh warga Rumania, dan hampir separuh penduduk Bulgaria, Yunani, Siprus, dan Portugal tidak punya akses internet di rumahnya.

“Bagi banyak orang, tampaknya sulit hidup tanpa internet,” sebut Eurostat dalam laporannya, dikutip dari Reuters, 16 Desember 2011. “Sayangnya, meski angkanya terus menurun, sebagian populasi Uni Eropa belum pernah memanfaatkannya,” sebut laporan itu.

Selain itu, terungkap pula bahwa 24 persen penduduk berusia 16 sampai 74 tahun di 27 negara di Uni Eropa belum pernah menggunakan Internet. Meski secara keseluruhan akses internet telah meningkat selama 5 tahun terakhir, tetapi kesenjangan masih lebar.

Contohnya, baru 45 persen populasi Bulgaria yang terhubung ke internet. Bandingkan dengan Belanda yang 94 persen penduduknya sudah bisa mengakses internet. Negara lain yang penetrasi internetnya sudah tinggi, di atas 90 persen adalah Luxembourg, Swedia, dan Denmark.

Negara-negara dengan penetrasi internet rendah itu juga cenderung menjadi negara yang paling tidak terlibat dalam pemanfaatan e-commerce atau melakukan jual beli secara online. Bandingkan dengan Inggris, Denmark, dan Swedia yang e-commerce telah mengontribusikan antara 5,8 sampai 7,2 persen dari total GDP mereka pada tahun 2009 lalu.

Yang cukup mengejutkan adalah Spanyol, negara dengan ekonomi modern di jantung Eropa, hanya memiliki penetrasi internet yang biasa-biasa saja. Di negara tersebut, cuma 64 persen rumah tangga yang memiliki akses internet.

Posted on Desember 16, 2011, in Europe, International News. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: