Kim Jong Il Wafat, Megawati Kehilangan Sahabat

Megawati saat masih sebagai Presiden RI dalam sebuah lawatan ke Republik Demokratik Korea, berfoto bersama Kim Jong Il. Foto : Istimewa

JAKARTA – Figur Kim Jong-Il, pemimpin Korea Utara yang meninggal pada Sabtu (17/12) lalu ternyata meninggalkan kesan tersendiri bagi Presiden RI kelima, Megawati Soekarnoputri. Menurut putri Proklamator itu, Kim adalah pemimpin berkarakter yang memiliki pendirian kokoh demi melindungi negara dan bangsanya.

“Dalam pandangan saya, Yang Mulia Kim Jong Il adalah sosok seorang pemimpin berkarakter yang teguh dalam keyakinan politiknya, dan kokoh di dalam menjaga kedaulatan negaranya,” kata Megawati dalam siaran pers ke JPNN, Senin (19/12) malam.

Megawati yang belum lama ini mengunjungi Korea Utara, menegaskan bahwa di bawah kepemimpinan Kim pula maka negeri di Semenanjung Korea itu mampu menghadapi berbagai tantangan yang tidak ringan. “Bahkan mampu berdiri di atas kaki sendiri di bidang ekonomi, karena menyatunya rakyat dengan pemimpinnya,” ulasnya.

Ketua Umum PDI Perjuangan yang menganggap Kim sebagai sahabat itu pun menyampaikan rasa duka mendalam kepada rakyat Korea Utara. Terlebih lagi ayah Megawati, Bung Karno bersama Kim Il sung yang tak lain ayah kandung Kim Jong Il, sama-sama membangung hubungan baik antara Indonesia dan Korea Utara.

“Sebagai seorang sahabat, saya sungguh merasa kehilangan. Persaudaraan diantara kami sudah berlangsung lama. Kami berdua juga sangat memahami persahabatan antara Republik Rakyat Demokratik Korea dengan Indonesia,” tegasnya.

Mega pun berharap agar kepemimpinan Republik Rakyat Demokratik Korea yang baru nanti mampu meneruskan perjuangan Presiden Kim Il Sung dan Kim Jong il. Salah satu yang menjadi harapan Megawati, adalah terciptanya perdamaian permanen di Semenanjung Korea. “Saya percaya, kepergian Kim Jong Il tidak menyurutkan setiap upaya untuk mewujudkan perdamaian di semenanjung Korea,” pungkasnya.

Posted on Desember 21, 2011, in Asia, International News. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: