Aom Kusman Meninggal Dunia Saat Adzan Subuh Berkumandang

PELAYAT berdoa disamping jenazah Almarhum Aom Kusman (65), di rumah duka Jln. Rajamanteri Tengah, Kota Bandung, Jumat (23/12). Jenazah kemudian akan dimakamkan usai Shalat Jumat di makam keluarga

BANDUNG, KOMPAS.com – Komedian asal Jawa Barat, Aom Kusman, meninggl dunia pada Jumat (23/12/2011) pukul 04.09, bertepatan dengan kumandang adzan Subuh. Dia sempat sadar beberapa saat sebelum meninggal dunia di rumahnya.

Jenazah Aom disemayamkan di rumah duka di Jalan Rajamantri III Bandung. Menurut rencana, jenazah bakal dikebumikan di kampung halamannya di Cimaragas, Garut usai salat Jumat.

Menurut penuturan adiknya, Aom Iwong, Aom Kusman menderita penyakit gula yang membuatnya harus menjalani rawat inap. Dia bahkan sempat menjalani amputasi untuk jari kelingking kaki sebelah kiri gara-gara kondisinya.

“Sebelumnya, dia dirawat di ICU RS Immanuel pada Minggu (18/12/2011) dan memaksa pulang Kamis (22/12/2011) malam,” ujarnya.

Menurut kerabat lainnya, Irfan Lutfi, Aom memilih pulang agar bisa didoakan, karena hal tersebut sulit dilakukan bila dia dirawat di ruang ICU. Lutfi bahkan mengisahkan bahwa rumahnya disesaki orang yang datang untuk mendoakan. Dia menyebut beberapa tokoh Sunda, seperti Tjetje Hidayat Padmadinata maupun Uu Rukmana.

Sempat membaik pada malam harinya, tiba-tiba kondisi Aom kembali memburuk menjelang subuh. Lutfi mengatakan, Aom sesak nafas dan akhirnya mengembuskan nafas terakhir.

Hingga berita diturunkan, iringan pelayat terus mendatangi rumah duka. Bendera kuning dipasang dari ujung jalan dan karangan bunga berdatangan ke rumah duka.

Aom Kusman Kartanegara adalah pria kelahiran Kota Sukabumi, 24 Juni 1946. Dia meninggalkan istri Poppy Sewu Hasan, dua anak, yaitu Silvy Salviah dan Bugi Bagus Kusman Kartanegara, serta lima orang cucu.

Posted on Desember 23, 2011, in Obituari. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: