10 PERISTIWA TAK TERLUPAKAN DI 2011

Tak terasa, tahun 2011 akan segera mencapai penghujungnya. Sekian banyak peristiwa penting dan tokoh-tokoh yang mengemuka sepanjang tahun serta menarik perhatian pengguna internet tanah air. EIGHTBSPEZHARPALU berusaha mengemasnya dalam penelitian EIGHTB-2011.

1. THE ROYAL WEDDING (WILLIAM & KATE MIDDLETON)

WILLIAM & KATE

LONDON – Rasanya merinding menyaksikan prosesi pernikahan Pangeran William Philip Louis dengan Catherine Elizabeth Middleton di Gereja Westminster Abbey London, Inggris, Jumat (29/4) siang waktu Inggris. Benar-benar khidmat.

Semua khusyuk di tengah iringan lagu yang dilantunkan kelompok paduan suara The Chapel Royal Choir. Pangeran William tampak gagah. Calon istrinya, Kate, terlihat anggun dibalut busana pengantin serba putih.

Di altar, menunggu Uskup Agung Rowan Williams, siap menikahkan pewaris kedua Kerajaan Inggris dengan pasangannya. Janji pernikahan tak berlangsung lama. Tak lebih dari 10 menit.

“Bersediakah saudara mendampingi pasangan saudara dalam senang maupun susah. Dalam sehat maupun sakit. Barang siapa sudah dipersatukan Tuhan, tak bisa dipisahkan manusia,” tanya Uskup Rowan.

Yes, I will….” tegas Pangeran William.

Pertanyaan serupa ditanyakan pula kepada Kate. Dan,…”Yes, I will,” ucap Kate.

Usai mengucap janji sehidup semati, Pengeran William dan Kate dinikahkan. “Atas nama gereja, agama, negara, saya nyatakan kalian resmi menjadi pasangan suami-istri,” Uskup Rowan menikahkan keduanya.

Tak terucap satu kata pun dari mulut Pangeran William maupun Kate. Semua menjadi jelas saat Pengeran William menyematkan cincin pernikahan di jari manis jantung hatinya. Mereka pun resmi menjadi suami istri.

2. BENCANA GEMPA BUMI 8,9 SR DAN TSUNAMI JEPANG

TSUNAMI JEPANG

JEPANG (11/3) – Gempa dahsyat berkekuatan 8,9 menghantam timur laut Jepang, Jumat siang, dan menyebabkan banyak korban, kebakaran dan tsunami sekitar empat meter di sepanjang pantai negara itu, lapor televisi NHK dan saksi.

Setelah gempa berkekuatan 8,9 itu, terjadi sejumlah gempa susulan yang juga kuat dan memicu peringatan tsunami setinggi 10 meter. Gempa tersebut menyebabkan bangunan terguncang di ibukota Tokyo.

Gambar-gambar televisi menunjukkan terjangan air bah yang membawa puing-puing bangunan. Televisi NHK memperlihatkan kobaran api dan asap hitam mengepul dari sebuah bangunan di Odaiba, daerah pinggiran Tokyo, dan kereta api cepat di utara negara itu dihentikan.

Asap hitam juga membubung dari kawasan industri di daerah Yokohama Isogo. Tayangan televisi menunjukkan perahu, mobil dan truk mengambang di air setelah tsunami menghantam kota Kamaichi di utara Jepang. Sebuah jembatan, lokasinya yang tidak diketahui, tampak telah runtuh ke dalam air. Kantor berita Kyodo mengatakan, ada laporan tentang kebakaran di kota Sendai di timur laut.

“Bangunan ini berguncang untuk waktu yang terasa lama dan banyak orang di ruang berita meraih helm mereka dan beberapa masuk ke bawah meja,” kata koresponden Reuters, Linda Sieg di Tokyo. “Mungkin ini gempa terburuk yang saya rasakan sejak saya datang ke Jepang lebih dari 20 tahun lalu.”, lanjutnya.

Para penumpang di jalur kereta bawah tanah di Tokyo menjerit. Goncangannya sangat kuat, dan sangat sulit bagi orang untuk tetap berdiri, kata wartawan Reuters, Mariko Katsumura.

Ratusan pekerja kantor dan pengunjung toko tumpah ke jalan Hitotsugi, di pusat perbelanjaan di Akasaka di pusat kota Tokyo.

Badan Survei Geologi AS (USGS) sebelumnya menyatakan gempa tersebut berkekuatan 7,9 dan berpusat di kedalaman 15,1 mil, sekitar 81 mil di sebelah timur Sendai, di pulau utama Honshu. Namun badan itu kemudian menyatakan, gempa tersebut berkekuatan 8,9 SR.

Pantai Pasifik di Jepang timur laut, yang disebut Sanriku, telah menderita akibat gempa dan tsunami di masa lalu. Rabu lalu daerah itu dilanda gempa berkekuatan 7,2. Tahun 1933, gempa berkekuatan 8,1 di daerah tersebut menewaskan lebih dari 3.000 orang.

Gempa bumi merupakan hal biasa di Jepang, salah satu daerah seismik paling aktif di dunia. Sekitar 20 persen gempa berkekuatan 6,0 atau lebih dunia terjadi di Jepang.

3. PENDIRI APPLE, INC STEVE JOBS MENINGGAL DUNIA

STEVE JOBS

JAKARTA – Kabar mengejutkan datang sehari setelah Apple merilis iPhone 4S. Salah satu pendiri Apple Inc, Steve Jobs, dilaporkan telah meninggal dunia.

Dikutip detikINET dari Washington Post, Kamis (6/10/2011), kabar ini langsung datang dari Apple.

“Kami sangat berduka untuk mengabarkan bahwa Steve Jobs telah meninggal dunia hari ini,” demikian bunyi pengumuman resmi Apple.

Sosok yang bernama lengkap Steven P. Jobs ini merupakan seorang visioner yang disanjung lantaran mampu menghadirkan gadget dan teknologi inovatif melalui Apple.

Beberapa waktu belakangan, Jobs memang sudah meninggalkan kesibukannya di Apple untuk menjalani pengobatan kanker pankreas yang dideritanya.

Namun sepertinya perjuangan sang legenda dunia IT itu harus terhenti setelah menghembuskan nafas terakhirnya pada Rabu waktu Palo Alto, Calif, Amerika Serikat di usia 56 tahun.

Selamat jalan sang Visioner….

4.  MARCO SIMONCELLI TEWAS DI GP SEPANG MALAYSIA

MARCO SIMONCELLI SAAT JATUH DI GP SEPANG

Pebalap MotoGP Gresini Honda asal Italia, Marco Simoncelli akhirnya meninggal setelah kecelakaan di Sirkuit Sepang, Malaysia, Minggu (23/10/11). Demikian pengumuman resmi seperti dikutip AFP. “Ini resmi. Dia sudah meninggal. Dia menyerah,” ujar seorang pejabat dari Dorna yang merupakan perusahaan pemegang hak siar MotoGP.

Kecelakan yang melibatkan Marco Simoncelli, Colin Edwards, dan Valentino Rossi, juga membuat GP Malaysia musim 2011 secara resmi dibatalkan.

Pada awal lomba, empat pebalap Honda langsung berada di depan setelah lampu merah padam. Stoner, yang start dari urutan kedua, berhasil mendahului Pedrosa, selaku pemegang pole position, disusul Andrea Dovizioso, dan Simoncelli. Hanya satu lap saja, Stoner, yang akhir pekan lalu sudah memastikan diri menjadi juara dunia MotoGP 2011, sudah unggul lebih dari 1 detik atas Pedrosa.

Namun di posisi keempat, terjadi pertarungan seru antara Simoncelli dengan pebalap Rizla Suzuki, Alvaro Bautista. Mereka saling mendahului dalam beberapa kesempatan, sebelum kecelakaan horor menimpa Simoncelli, yang terlibat dalam benturan antara dirinya dengan pebalap Yamaha Tech 3, Colin Edwards, dan pebalap Ducati, Valentino Rossi.

Saat memasuki lap kedua di Tikungan 11, Simoncelli jatuh dan melibatkan pebalap Yamaha Tech 3, Colin Edwards,dan pebalap Ducati, Valentino Rossi.

Kecelakaan horor itu menyebabkan Simoncelli terkapar di trek dengan helm terlepat dan dia sama sekali tidak bergerak, sedangkan Edwards terseret keluar trek dan mengalami dislokasi bahu. Sementara itu Rossi selamat, karena mampu menguasai motor sehingga hanya melebar ke luar trek dan Ducati GP11.1 tunggangannya hanya mengalami kerusakan ringan.

Usai kecelakaan tersebut, marshal langsung mengibarkan bendera merah tanda balapan dihentikan. Tetapi, rupanya keadaan tak memungkinkan untuk melakukan balapan pada hari Minggu ini, karena tim medis konsentrasi memperhatikan kondisi Simoncelli – belum ada keterangan resmi kondisi pebalap Italia itu, dan trek pun tak siap untuk gelar balapan, sehingga panitia mengumumkan tak bisa menggelar lomba seri ke-17 ini.

5. ARAB SPRING

Para Wanita Mesir Demo Tuntut Mubarak Mundur

Negara Timur Tengah selama setahun kebelakang ini menjadi perhatian dunia, keberadaan sebuah revolusi besar-besaran untuk menggulingkan pemerintahan otoriter selalu menjadi subjek dari masyarakat dunia.

Dimulai dengan revolusi di Tunisia, kemudian diikuti di Mesir, Libya, Yaman, dan kemudian di Suriah yang telah mengorbankan warga sipil tewas lebih dari 4000 orang dan kemudian diikuti dinegara-negara Arab lainnya yang masih dipimpin oleh rezim otoriter dan kerajaan otoriter. Revolusi ini menimbulkan kecemasan masyarakat Timur Tengah memuncak akan kekejaman dan ketidakadilan pemerintah terhadap rakyatnya.

6. TEWASNYA PEMIMPIN AL-QAEDA OSAMA bin LADEN

Jenazah Osama Bin Laden

WASHINGTON – Pendiri dan pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden, dinyatakan tewas di Pakistan, Minggu (1/5). Tokoh yang disebut AS sebagai otak serangan 11 September 2001 itu tewas dalam insiden tembak-menembak dengan pasukan Amerika Serikat di sebuah lokasi sekitar 35 mil di luar Islamabad.

Presiden AS, Barack Obama sampai merasa perlu mengumumkan sendiri tewasnya pria paling dicari di dunia yang nyawanya dibandrol Rp 232 miliar itu. “Keadilan telah ditegakkan,” ucap Obama saat menyampaikan pengumuman kematian Osama di Gedung Putih, Minggu (1/5) malam sekitar pukul 23.30 waktu setempat.

Obama mengungkapkan, sebuah tim kecil inteljen AS pada Agustus 2010 lalu telah menerima briefing tentang keberadaan Osama. Obama sendiri pada pekan lalu telah memberi otorisasi kepada tim tersebut untuk melakukan operasi.

Pernyataan Obama itu merujuk pada Dirtektur CIA, Leon Panetta, yang sangat mendorong perlunya operasi CIA bersama pasukan khusus AS untuk melintasi perbatasan Afghanistan-Pakistan guna memburu Osama. Tidak ada pasukan AS yang terluka dalam baku tembak itu.

Atas keberhasilan itu, Presiden yang diusung Partai Demokrat itu telah menelpon mantan pendahulunya yaitu Bill Clinton dan Gerorge Bush. Obama menegaskan bahwa kematian Osama itu merupakan pencapaian paling signifikan dalam mengalahkan Al Qaeda.

“Kematiannya bukanlah akhir dari usaha kami. Tidak diragukan bahwa Al Qaeda akan melanjutkan serangan, kita harus dan tetap waspada,” ucapnya.

Obama pun memuji tindakan herois dan tanpa lelah tentara dan agen-agen intelijen AS. Obama juga berterima kasih kepada Pakistan atas bantuan yang diberikan dalam operasi itu.

Obama mengaku telah menghubungi Presiden Asif Ali Zardari untuk memberi tahu kesuksesan AS membunuh Osama di wilayah negara pecahan India itu. Obama mengapresiasi sikap Pakistan yang terus bersedia bekerjasama dalam memerangi terorisme yang disebar Taliban dan Al Qaeda.

Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, Minggu (1/5/2011) waktu AS, akan mengumumkan bahwa pemimpin jaringan teroris Al Qaeda, Osama bin Laden, sudah meninggal, hampir 10 tahun setelah serangan 11  September, kata seorang pejabat senior AS kepada AFP.

Pejabat itu, yang tidak mau disebutkan namanya, mengatakan bahwa Bin Laden sudah meninggal, tetapi tidak memberikan rincian tentang bagaimana kematiannya terjadi. Namun, menurut laporan CNN, Osama tewas dalam serbuan tentara AS di sebuah rumah di luar kota Islamabad, Pakistan, Minggu malam waktu setempat.

7. DIKTATOR LIBYA MUAMMAR KHADAFI TEWAS

Mayat Muammar Khadafi yang Dipajang di Libya

Berita kematian Diktator Libya Kolonel Muammar Khadafi pada 20 Oktober 2011 di Sirte lalu merupakan berita internasional yang sangat besar. Di mana kemudian terjadi simpang siur berita tentang kebenaran berita serta proses kematiannya. Bukan hanya Khadafi, Anaknya Mutassim juga ikut tertangkap dan tewas bersama ayahnya.

Pemerintah sementara Libya, NTC dan para pembawa berita media pada awalnya berbeda dalam menyampaikan berita tersebut. Dari beberapa penelusuran, nampaknya memang benar Khadafi telah tewas ditembak. Selalu ada pelajaran di balik suatu peristiwa, termasuk dari tewasnya Khadafi.

 

8. PEMIMPIN KOREA UTARA KIM JONG-IL MENINGGAL DUNIA

Jenazah pemimpin Korea Utara Kim Jong-il disemayamkan di Kumsusan Memorial Palace di Pyongyang, Selasa (20/12/2011).

PYONGYANG, KOMPAS.com– Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Il meninggal dunia pada Sabtu (18/12/2011) dalam sebuah perjalanan dengan kereta api, kantor berita Reuters melaporkan, Senin (19/12/201).

Pembawa acara televisi mengumumkan kabar itu dengan berlinang airmata dan mengenakan busana serba hitam hari ini. Diumumkan bahwa pemimpin berusia 69 tahun itu meninggal karena kelelahan fisik dan mental setelah bekerja terlalu keras untuk memberi “bimbingan di lapangan”.

Kim mengalami serangan stroke pada 2008, namun dalam beberapa kesempatan terakhir dia tampil dalam kondisi sehat.

Negara tertutup itu sudah memulai peralihan kepemimpinan pada putranya Kim Jong-un yang masih cukup muda.

9. ADJIE MASSAID MENINGGAL DUNIA

Angelina Sondakh menangisi Mayat Suaminya, Adjie Massaid

JAKARTA, KOMPAS.com Politisi muda Partai Demokrat yang juga anggota Komisi V DPR RI, Raden Pandji Chandra Pratomo Samiadji Massaid atau populer dengan panggilan Adjie Massaid, meninggal di RS Fatmawati, Jakarta Selatan, Sabtu (5/2/2011) dini hari.

“Kami semua staf Ibu Angie (Angelina Sondakh, istri Adjie Massaid) sangat terkejut dan terpukul mendengar kabar ini,” kata Ayob, Staf Sekretariat Angelina Sondakh di Komisi IX DPR RI, sebagaimana dikutip Antara, beberapa saat setelah peristiwa itu terjadi. Hal senada juga diutarakan Franky Sondakh, kakak kandung Angelina Sondakh (saudara ipar Adjie Massaid) yang tak bisa berkata banyak. “Peristiwanya begitu cepat dan kami semua masih belum percaya ini terjadi,” kata Ridhwan, Staf Bidang Media Angelina Sondakh.

Dari beberapa informasi yang diperoleh, Adjie Massaid meninggal setelah bermain futsal, salah satu olahraga kegemarannya. “Beliau itu gemar berolahraga. Makanya tidak menyangka jadi begini,” kata Ayob.

Adjie meninggal dalam usia 43 tahun. Suami model dan mantan Putri Indonesia, Angelina Sondakh, ini lahir pada 7 Agustus 1967 di Jakarta. Adjie telah dua kali terpilih sebagai anggota DPR RI, yakni pada 2004-2009 dan kini 2009-2014.

Dari istri pertamanya, penyanyi Reza Artamevia, dia dikaruniai dua anak. Mereka bercerai tahun 2005. Setelahnya Adjie meminang Angelina Sondakh yang juga anggota DPR RI dari Partai Demokrat. Mereka menikah pada 29 April 2009 dan kini punya seorang putra.

Belum jelas bagi pihak keluarga, apa penyebab meninggalnya Adjie Massaid. Namun, Ketua Fraksi Partai Demokrat Jafar Hafsah kepada pers menyatakan, anak buahnya itu mengeluh sakit tadi malam. “Yang jelas, partai kami kehilangan seorang kader dan politisi muda yang tangguh,” ujarnya.

Menurut rencana pihak keluarga, jenazah Adjie Massaid akan disemayamkan di rumah duka di Taman Cilandak, Jakarta Selatan.

10. DAI KONDANG KH ZAINUDDIN MZ MENINGGAL DUNIA

Jenazah KH Zainuddin MZ

Jakarta – Innalillilahi wainna ilaihi rojiun. Dai sejuta umat Zainuddin MZ meninggal dunia. Zainuddin meninggal di RS Pusat Pertamina (RSPP).�

Salah seorang teman dekat Zainuddin, Zaenal Maarif membenarkannya. Dia mengaku mendengar kabar duka dari teman-temannya.

“Kita dapatkan kabar dari teman-teman, Pak Kiai sudah meninggal. Tapi saya belum tahu meninggal karena sakit atau apa. Belum dapat info detil,” kata Zainal saat dihubungi detikcom,Selasa (5/7/22011).

Zainal mengaku baru akan mengecek ke keluarga Zainuddin. “Saya kaget sekali. Nanti saya ngecek dulu, beliau sekarang di RS atau di rumah.
Sementara itu salah satu tetangga Zainuddin di kawasan Gandaria, Jakarta Selatan mengatakan, Kholilah, saat ini rumah Zainuddin telah ramai pelayat. Namun jenazah Zainuddin belum dibawa ke rumah duka.
“Iy, meninggal. Sekarang rumahnya udah ramai tapi jenazahnya belum dibawa pulang,” kata Kholilah saat berbincang dengan detikcom.

Posted on Desember 28, 2011, in Info-Info. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: