KALEIDOSKOP 2011: Yang Ngetop Sebentar Tahun Ini

rebecca-dll

TAHUN 2011 tidak hanya diisi oleh berita-berita besar.

Tahun ini tak hanya soal SM*SH, Syahrini, Briptu Norman, Ayu Ting Ting, Royal Wedding, pasang surut Yuni Shara-Rafffi Ahmad, perceraian Demi Moore, perkawinan singkat Kim Kardashian, atau kemesraan Justin Bieber dan Selena Gomez.

Banyak juga kejadian yang sempat menyita perhatian kita sebentar dari budaya pop dalam dan luar negeri. Meminjam istilah Andy Warhol kejadian-kejadian itu membuat mereka terkenal “selama 15 menit.”

Inilah dia 15 sosok ataupun hal yang menarik perhatian kita—walau cuma sebentar. Saya susun bukan berdasar peringkat, karena 15 hal ini sama tidak terkenalnya di ujung tahun ini.

Crop Circle di Sleman
Sebuah pola aneh muncul di persawahan Sleman, Yogyakarta awal tahun ini. Kita menyebutnya crop circle dan mengira itu bukti pesawat milik makhluk luar angkasa alias UFO pernah mendarat di situ. Segera saja orang berduyun-duyun datang memenuhi daerah persawahan itu selayaknya tempat piknik. Nyatanya diketahui bukan UFO yang bikin crop circle itu, tapi orang iseng.

Bona Paputungan Nyanyi “Andai Ku Gayus Tambunan”
You Tube masih jadi jalan pintas untuk tenar. Bona Paputungan, mantan napi dari Nusa Tenggara Barat, berandai-andai bisa seperti Gayus Tambunan, bebas keluar penjara karena punya banyak uang. Keinginannya ia wujudkan dalam lagu yang kemudian dunggah oleh entah siapa ke You Tube dan ia ngetop sesaat. Bona sempat diboyong ke Jakarta, jadi bintang acara TV, menyanyikan lagunya. Tapi, kini ia tak kedengaran lagi.

Udin Sedunia
Satu lagi artis You Tube tahun ini. Dengan gaya kocaknya, Udin menyanyi berbagai arti nama Udin (din yang pertama, namanya Awaludin/ Udin yang suka di kamar, namanya Kamarudin). Lagu ini membuat dia jadi artis betulan. Udin main sinetron, sempat jadi presenter acara musik, maupun bikin video klip lagu Udin-nya.  Walau sudah melakoni berbagai pekerjaan di dunia hiburan, tahun 2011 belum menjadi puncak kariernya.

Andhika Gumilang (foto: Ari/BI)

Andhika Gumilang
andhika-gumilang-AriBI3Apa  prestasi terbesar Andhika Gumilang sepanjang kariernya? Well, mungkin jadi suami siri sosiaita kaya raya Malinda Dee yang bekerja di Citibank. Sayang, kekayaan Malinda diperoleh dengan cara haram. Malinda kemudian ditangkap polisi dan dituntut ke muka sidang. Andhika terseret juga. Mobil mewah dan segala kekayaan yang pernah ia nikmati harus terlucuti. Ia juga jadi pesakitan di pengadilan.

Rebecca Black
Kalau Anda tak bisa lepas dari internet tahun ini, pasti sekali waktu pernah dengar nama Rebecca Black disebut. Lewat lagunya, ia memberitahu kita kalau “Friday” datang setelah “Monday, Tuesday, Wednesday, Thursday” dan rasanya “Fun, fun, fun, fun.” Black menaruh lagunya di You Tube dan jai video paling banyak ditonton tahun ini. Lagunya konyol, mengganggu, dibenci, tapi di saat bersamaan lekat terus di kepala kita. Sayang, Black tak bisa lagi mencetak hit lain setelah “Friday”.

Dhea Tunggaesti, pengacara cantik
Saat kasus korupsi Muhammad Nazarudddin hangat jadi perbincangan, muncul sosok pengacara cantik yang mencuri perhatian setiap kasus itu jadi segmen talk show acara berita TV. Ya, Dhea Tunggaesti namanya. Pengacara Nazaruddin ini sukses membuat penonton TV—terutama yang pria—tak laagi memerhatikan kasusnya, tapi menyimak wajah cantiknya.

Grace Van Cutsem
Siapa yang mencuri perhatian saat Royal Wedding Pangeran William dan Kate Middleton kemarin? Keakraban Pippa Middleton dengan Pangeran Harry? Betul. Atau, Pippa yang juga seksi? Betul sekali. Tapi ada sosok lain lagi yang membuat kita tersenyum tempo hari saat menonton tayangan pernikahan itu. Dia adalah Grace Van Cutsem, bocah 3 tahun, yang ikut berada di balkon istana Bukcingham saat William dan Kate berciuman. Polah bocah itu menutup kuping dengan wajah merengut tak senng dengan keramaian yang berisik, telah mencuri perhatian kita—sesaat.

Kris Humphries
Sebelum jadi kekasih Kim Kardashian, Humphries bukan pebasket NBA tenar macam Kobe Bryant. Tapi, hubungan asmaranya yang berlanjut ke pernikahan telah membuat kita mengenalnya. Sayang, perkawinannya hanya berlangsung 72 hari. Selain soal perceraiannya yang bakal berlarut-larut yang membuat Humphries bakal terus jadi bahan berita, orang akan melupakannya begitu urusannya dengan Kim usai.

Arif Muhammad, sosok di balik @Poconggg
arif-pocongDia, @Poconggg, masih jadi seleb Twitter paling tenar (follower-nya lebih dari satu juta, termasuk saya). Tapi  apa dengan begitu sosok aslinya juga bisa setenar alter-ego-nya di Twitter? Nyatanya tidak. Butuh dari sekadar pintar mengolah kata dan emoticon untuk jadi tenar di dunia nyata. Arif Muhammad kini memang sudah mengisi sebuah acara TV dan film dari buku yang ditulisnya juga jadi box office, tapi apa ia sudah layak disebut seleb tenar? Sepertinya belum.

Darsem
Bekerja hingga puluhan tahun sebagai TKI di Arab Saudi, pasti Darsem tak bisa mengumpulkan uang Rp 1,2 miliar. Nyatanya, Darsem menerima rejeki nomplok itu. TVOne menyerahkan uang sejumlah itu dari hasil sumbangan pemirsa yang seharusnya untuk membayar denda pengganti hukuman perbuatan kriminalnya di Arab Saudi yang sudah ditalangi pemerintah. Belakangan Darsem memakai uangnya untuk berfoya-foya, membeli rumah dan perhiasan. Hanya sedikit yang dipakai menyumbang. TVOne sendiri yang paling getol mengungkap tingkah foya-foya Darsem. TVOne justru diolok-olok orang karena begitu mudah memberi uang. Sedang Darsem? Bagaimanapun uang itu kini miliknya.

Eh, tangan monyet itu mau ngapain ke Charmian? (foto-foto dok.Maydaily)

Charmian Chen, model Taiwan yang digerayangi monyet Bali
charmain-chen-maydailyIni mungkin cara tak lazim untuk tenar. Seorang model Taiwan, Charmian Chen, tiba-tiba tenar hanya karena ia djahili monyet saat sedang foto-foto di Bali. Foto-foto Charmian saat dijahili monyet dan pakaiannya nyaris terbuka membuatnya dibicarakan ke seantero dunia.

Mariah Yeater mengaku punya anak dari Justin Bieber
Andai yang dituduhkannnya benar, Mariah Yeater tak hanya bakal terkenal, tapi juga bisa dapat uang banyak dari Justin Bieber. Namun kini muncul banyak bukti kalau tuduhannya telah dihamili Bieber usai konser bohong belaka. Yeater kini tak lagi muncul di media membeberkan tuduhannya. Uang tak dapat, ketenaran pun tidak.

Ted Williams, tuna wisma bersuara emas
Seorang jurnalis merekam Ted Williams, yang tengah mengemis di jalanan Colombus, Ohio, AS, memamerkan suaranya yang bagus bak penyiar radio. Video itu disambut itu banyak orang dan menghantar Williams jadi seleb instan di Amerika. Tapi masalah kecanduan alkohol dan obat-obatan merintanginya jadi betul-betul tenar dan punya pekerjaan tetap di dunia hiburan. Orang kini sudah lupa padanya.

Avvy Olivia dan Eka Frestya, Polwan-polwan cantik info lalu lintas Metro TV
avvy-ekaInfo lalu lintas di TV mendadak menjadi  tontonan dinanti sejak muncul polwan-polwan cantik Avvy Olivia dan Eka Frestya. Hingga kini kita masih suka menontonnya. Tapi, pernah pada satu saat, para pria begitu getol mencari tahu sosok mereka di dunia maya. Mereka dibincangkan di forum-forum, Twitter, maupun Facebook. Seketika mereka jadi seleb instan, muncul jadi bintang tamu di acara Bukan Empat Mata ataupun dibuatkan profil di majalah/tabloid. Namun, karena Avvy dan Eka bukanlah artis atau tak berniat jadi artis seperti Norman Kamaru, langkah keduanya di jagat hiburan hanya berhenti di acara Traffic Report Metro TV.

Semua Boy Band dan Girl Band selain SM*SH, 7 Icons, Cherry Belle
Ya, tahun ini tahunnya jenis musik yang diusung boy band dan girl band. Sudah jamak, jika satu jenis musik populer, pemusik yang mengusung genre ini muncul bak cendawan di musim hujan. Hapalkah Anda dengan semua boy band dan girl band yang muncul silih berganri di Inbox, Dahsyat, Hip Hip Hura, atau acara musik lainnya? Saya yakin tidak. Kami pernah mendaftar, jumlah boy band dan girl band saat ini ada lebih dari 20—tanpa menyebut mereka yang sedang ikut kontes bakat Boy Band & Girl Band Indonesia di SCTV. Tapi, apa mau dikata, yang paing kita ingat hanya tiga: SM*SH, 7 Icons, dan Cherry Belle.

Posted on Januari 1, 2012, in Info-Info. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: