Pemesanan Kiat Esemka Tembus 2 Ribu Unit

Kalau pesanan yang masuk via telepon, jumlahnya jauh lebih banyak lagi. Jumlahnya bisa mencapai 9 ribu hingga 10 ribu. Namun, kapasitas produksi belum bisa dipastikan. (VIVAnews/ Fajar Sodik)

VIVAnews – Dirjen Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Kemendiknas, Joko Sutrisno menyebutkan, jumlah pesanan mobil Kiat Esemka mencapai 2.000 unit. Jumlah itu diperkirakan akan terus bertambah jika mobil tersebut sudah on the road.

“Kalau pesanan yang masuk via telepon, jumlahnya jauh lebih banyak lagi. Malah bisa mencapai ribuan. Ini serius jumlahnya banyak banget,” kata Joko, Sabtu kemarin. “Jumlahnya bisa mencapai 9 ribu hingga 10 ribu,” ucapnya.

Meskipun membludak, namun Joko mengaku tetap memperhatikan faktor kapasitas produksi yang bisa ditangani. “Untuk memenuhi pesanan 10 ribu,  kita masih menunggu informasi seberapa cepat kapasitas produksi (mobil tersebut),” ujarnya.

Meski demikian, ia menyebutkan bahwa dari angka itu, jumlah  pesanan yang strategis sekitar 2.000 unit. “Nanti jumlah pesanan akan meningkat jika mobil tersebut sudah on the road,” ujarnya.

Bahkan, seperti dikatakan Joko, saat ini banyak kepala sekolah SMK yang ingin mengganti mobilnya dengan mobil buatan siswa SMK. “Kepala sekolah maupun guru-guru banyak yang ingin menukar mobilnya saat ini dengan mobil Esemka,” tuturnya.

Ia pun mengakui, meskipun kondisinya mobil masih seperti itu, namun banyaknya pesanan yang datang disebabkan oleh semangat merah putih. “Kelihatannya ada kerinduan terhadap produk dalam negeri. Kerinduan itu akan meningkatkan semangat anak-anak SMK,” terang Joko.

Posted on Januari 8, 2012, in National News, SMK BISA!. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: