Romney Menangi New Hampshire

AP Mantan gubernur Massachusetts Mitt Romney merupakan salah satu calon unggulan Partai Republik untuk bertarung di pemilihan presiden Amerika Serikat tahun ini.

MANCHESTER, KOMPAS.com — Mitt Romney memenangi pemilihan pendahuluan (primary) calon presiden dari Partai Republik di negara bagian New Hampshire, Selasa (10/1/2012). Kemenangan ini merupakan yang kedua setelah dia tipis unggul di kaukus Iowa.

Mantan gubernur Massachusetts itu merupakan kandidat Republik bukan petahana (incumbent) pertama yang memenangi Iowa dan New Hampshire. Para pendukungnya berharap kemenangan mudah di NH mampu mengirim sinyal bahwa sudah waktunya Partai Republik bersatu di bawah Romney.

Dalam pemilihan pendahuluan di New Hampshire, Romney merebut 35,5 persen suara, Ron Paul 25 persen, John Huntsman 16,9 persen, Newt Gingrich 10.3 persen, Rick Santorum 10,2 persen, dan Rick Perry 0,8 persen, seperti dilansir Huffington Post, Selasa (10/1/2012).

Namun, masih terlalu awal bagi Romney untuk bersenang-senang karena selisih kemenangannya cukup tipis, lebih tipis dari prediksi semula. Para pesaingnya masih memiliki peluang untuk menjegalnya pada pemilihan pendahuluan di negara bagian-negara bagian lain mengingat banyak lawan yang awalnya tidak diperhitungkan justru melejit di detik-detik akhir.

Exit poll yang dirilis sejumlah jaringan televisi menunjukkan, 46 persen pemilih mengaku menetapkan pilihan pada beberapa hari menjelang pelaksanaan pemilihan pendahuluan New Hampshire. Hal ini memberi harapan bagi para kandidat, seperti John Huntsman dan Rick Santorum yang kian populer.

Meskipun demikian, dua statistik yang dilaporkan CBS News menggarisbawahi keuntungan bagi Romney. Enam puluh persen pemilih menyebut perekonomian merupakan isu paling penting dalam pemilihan kali ini, sementara 33 persen mengatakan kualitas terpenting seorang kandidat menjadi adalah kemampuan mengalahkan Presiden Barack Obama.

Karena elektabilitas dan ekonomi menjadi dua pilar tema kampanye Romney, para pesaingnya mendapati New Hampshire sebagai arena pertarungan yang tak ramah. Tidak mengherankan bila lawan-lawan Romney langsung hengkang ke South Carolina yang akan menggelar pemilihan pendahuluan pada 21 Januari mendatang. Padahal hasil di New Hampshire belum kelihatan.

Posted on Januari 13, 2012, in American, International News. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: