Mantan Kepala Intel Meksiko Meninggal Dunia

WartaNews-MexicoCity – Miguel Nazar Haro, kepala agen mata-mata domestik Meksiko, yang dituduh berada di balik penculikan gerilyawan sayap kiri pada tahun 1970, meninggal di usia 87 tahun.

Putranya, Jose Luis Nassar Daw mengkonfirmasi pada hari Jumat (27/1) bahwa Nazar Haro meninggal Kamis malam, tapi tidak merilis penyebab kematian.

Nazar Haro pernah menjabat sebagai kepala Direktorat Keamanan Federal Meksiko tahun 1978-1982, saat terjadi “perang kotor” pemerintah terhadap pemberontak sayap kiri.

Dia ditangkap pada tahun 2004 dan dijadikan tahanan rumah, atas tuduhan penculikan enam petani yang diduga anggota kelompok bersenjata “Brigada de los Lacandones Campesina”.

Namun, seorang hakim menolak semua dakwaan terhadap Nazar haro pada tahun 2006.

Putusan itu merupakan kemunduran bagi jaksa khusus Ignacio Carrillo, yang menuntutnya.

oleh kemudian Presiden Vicente Fox untuk menumpahkan cahaya pada salah pemenjaraan, penyiksaan, penghilangan paksa dan pembunuhan ratusan kaum kiri radikal dan pemimpin pertanian dan serikat pekerja selama tahun 1960, 70-an dan ’80-an.

Fase paling brutal dari “perang kotor” dimulai saat pemerintahan Presiden Luis Echeverria tahun1970-1976, ketika itu pemerintah menerapkan rencana untuk menyingkirkan gerilyawan yang disalahkan untuk serangkaian penculikan dan serangan terhadap tentara.

Selama tahun-tahun konflik, presiden Meksiko dikontrol oleh Partai Revolusioner Institusional (PRI) yang bergerak untuk menghancurkan kelompok kecil dari pemberontak yang ingin menggulingkannya.

PRI sengaja diadakan oleh presiden Meksiko selama 71 tahun tanpa ada gangguan, sebelum akhirnya dibubarkan, saat Fox kalah dalam pemilu tahun 2000 lalu, oleh kandidat dari Partai Aksi Nasional yang konservatif.

Posted on Januari 29, 2012, in American, International News. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: