PSSI Targetkan Partisipasi di Piala Dunia 2022

Tim nasional Indonesia U-17 yang saat ini berlaga di HKFA International Youth Football Invitation Tournament 2012.

JAKARTA, KOMPAS.com – PSSI menargetkan tim nasional Indonesia dapat segera berlaga dalam ajang Piala Dunia. Target mulai ditetapkan untuk menembus Piala Dunia 2022.

“Paling lambat 2026 kita bisa masuk Piala Dunia,” kata Ketua PSSI, Djohar Arifin Husin, dalam seminar “Soccer Management” di Jakarta, Selasa (31/1/2012).

Penetapan target ini bukannya tanpa perhitungan. Djohar mengatakan bahwa target ini ditunjang oleh pembinaan usia dini di semua kelompok umur yang tengah dibangun PSSI saat ini. Contohnya, timnas U-17 yang diperkirakan akan menjadi anggota timnas senior pada tahun-tahun target itu.

“Tim U-17 baru saja juara turnamen di Hongkong, itu merupakan contoh bibit-bibit bagus yang kelak jadi pemain timnas senior. Timnas Merah Putih saat ini tidak hanya satu generasi melainkan enam, yaitu U-16, U-19, U-20, U-21, U-23 dan senior. Mereka berlatih sepanjang tahun sehingga selalu siap bila harus tampil di sebuah kejuaraan,” ungkapnya.

Belajar dari pembinaan usia dini di klub Inter Milan, ini sudah dimulai dari umur 6 hingga 19 tahun. Selain itu, pembinaan usia dini ditunjang oleh pelatih yang tergolong spesialis.

PSSI sendiri telah menunjuk mantan pelatih timnas senior, Wim Rijsbergen, sebagai Direktur Teknik Timnas, sementara mantan pelatih Persema, Timo Scheunemann, dipercaya menjadi Direktur Pembinaan Usia Dini PSSI. PSSI juga mendatangkan instruktur dari Belanda, Bert Pantury.

Posted on Februari 1, 2012, in Olahraga, Sepakbola. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: