74 Suporter Tewas, Mesir Umumkan Tiga Hari Berkabung

TRIBUNNEWS.COM – Kepala Dewan Militer Mesir yang bertanggung jawab sebagai Pemerintah transisi Mesir, Marsekal Mohamed Hussein Tantawi, megumumkan tiga hari berkabung nasional, terhadap 74 korban tewas dalam insiden bentrokan antarsuporter sepakbola di stadion Port Said, Rabu (1/2/2012), kemarin.

“Kita akan melewati tahap ini, Mesir akan stabil kembali. Kami memiliki peta jalan untuk mentransfer kekuatan untuk warga sipil terpilih. Jika ada yang merencanakan ketidakstabilan di Mesir, mereka tidak akan berhasil. Setiap orang akan mendapatkan apa yang mereka layak,” ujarnya seperti dikutip dari CNN, Kamis (2/2/2012).

Ikhwanul Muslimin, gerakan politik terbesar di Mesir, dalam keterangannya mengutuk kekerasan yang terjadi. Mereka menuding pihak berwenang telah gagal melindungi warga negara.

“Ini adalah kekosongan keamanan di seluruh negeri, dimana terjadi perampokan bersenjata di bank, pembunuhan acak, beberapa mengancam pemberontakan terhadap parlemen, dan mengancam para pemuda Ikhwanul Muslimin,” kata Ikhwanul dalam sebuah pernyataan.

Seperti diketahui, tawuran suporter sepakbola pecah di Mesir, Rabbu (1/2/2012). Kementerian Kesehatan Mesir menyebutkan sedikitnya 74 orang tewas dan ratusan luka akibat kejadian ini. Kerusuhan terjadi tepatnya di sisi utara Kota Pelabuhan Said (Port Said) di Pantai Mediterania.

Pendukung kesebelasan tuan rumah al-Masry, menyerbu masuk ke lapangan usai kemenangan bersejarah atas al-Ahly, klub papan atas Mesir. Menurut laporan VOAnews, peristiwa ini diikuti dengan lemparan batu, kembang api dan botol-botol ke arah pendukung kesebelasan lawan.

Bahkan rekaman siaran televisi menunjukkan peristiwa para suporter berlarian di tengah lapangan mengejar para pemain al-Ahly, yang menyulut bentroka dan penyerbuan makin menjadi.

Posted on Februari 2, 2012, in Africa, International News, Olahraga, Sepakbola. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: