Rick Santorum Menang di Tiga Negara Bagian

Rick Santorum, mantan senator Pennsylvania yang berupaya merebut tiket pencalonan presiden dari Partai Republik.

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Mantan senator Negara Bagian Pennsylvania, Amerika Serikat, Rick Santorum, menyabet kemenangan di tiga negara bagian secara berturut-turut dalam rangkaian pemilihan pendahuluan kandidat calon presiden AS dari Partai Republik, Selasa (7/2/2012) waktu AS.

Konservatisme masih hidup dan berjaya di Missouri dan Minnesota. – Rick Santorum

Hasil penghitungan suara sementara dari proses kaukus di Minnesota menunjukkan, Santorum mengumpulkan 45 persen dukungan peserta kaukus disusul anggota DPR AS dari Texas, Ron Paul, di tempat kedua (27 persen).

Kandidat terfavorit, Mitt Romney, hanya berada di tempat ketiga dengan 17 persen suara, sementara mantan Ketua DPR AS Newt Gingrich menjadi juru kunci dengan meraih hanya 11 persen suara.

Di Negara Bagian Colorado, penghitungan suara sementara dari proses kaukus  menunjukkan Santorum meraih 38 persen suara, disusul Romney (35 persen), serta Gingrich dan Paul yang sama-sama mendapatkan 13 persen suara.

Santorum juga memenangi pemilihan pendahuluan (primary) yang tidak mengikat di Missouri. Disebut tidak mengikat karena hasil pemilihan pendahuluan di Missouri tidak langsung menambah jumlah dukungan delegasi yang dibutuhkan seorang kandidat untuk lolos nominasi di konvensi Partai Republik, Agustus mendatang.

”Konservatisme masih hidup dan berjaya di Missouri dan Minnesota,” seru Santorum dalam pidato kemenangan di St Charles, Missouri.

Kesempatan itu ia gunakan untuk menyerang Romney yang menurut dia mengambil arah kebijakan yang sama dengan Presiden AS saat ini, Barack Obama, dalam berbagai isu, mulai dari layanan kesehatan sampai dana talangan bagi perusahaan-perusahaan di Wall Street.

Kemenangan berturut-turut Santorum ini juga memunculkan kembali pertanyaan tentang dukungan riil bagi Romney yang selama ini terkesan menjadi satu-satunya calon kuat Partai Republik untuk menantang Obama dalam pemilihan Presiden AS, 6 November nanti.

Posted on Februari 8, 2012, in American, International News. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: