Anak Machica Mochtar Masih Diragukan Keturunan Moerdiono

Browser anda tidak mendukung iFrame

Machica Mochtar (detikhot)

Jakarta – Machica Mochtar baru saja lega saat menerima putusan Mahkamah Konstitusi Nomor 46/PUU-VIII/2010 mengabulkan uji materi (Judicial Review) UU No 1 Tahun 1974. Ketetapan yang memutuskan bahwa anak hasil di luar perkawinan memiliki hubungan perdata (status hukum) dengan laki-laki.

Seperti yang selama ini Machica perjuangkan untuk mencari status hak anaknya, Muhammad Iqbal Ramadhan hasil buah cintanya dari pernikahan sirinya dengan mantan Mensesneg era orde baru, Moerdiono.

Namun menurut praktisi hukum, Andi F. Simangunsong, putusan MK yang mengabulkan Machica Mochtar itu dianggap putusan yang terlalu umum. Putusan MK itu tidak berarti pula bisa membuktikan secara hukum materi bahwa Moerdiono sebagai ayah biologis dari anak Machica Mochtar.

“Perlu diketahui bahwa putusan MK itu bersifat umum, membentuk norma dan bukan mengadili sengketa soal Muhammad Iqbal Ramadhan adalah anak biologis dari almarhum Moerdiono atau tidak. Dengan begitu, putusan MK itu tidak berarti menyatakan bahwa Muhammad Iqbal adalah anak biologis dari almarhum Moerdiono,” beber Andi saat ditemui Jakarta Pusat, Jumat (24/2/2012) malam.

Menurut Andi, pengakuan hak anak Machica sebagai anak biologis dari Moerdiono memerlukan bukti secara ilmu pengetahuan dan teknologi, seperti tes DNA. Namun Andi menambahkan, itu pun sudah sulit dilakukan karena Moerdiono sudah meninggal dunia.

“Tentunya butuh bukti secara ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah dibuktikan keakuratannya,” tambahnya.

“Selain Pak Moerdiono telah berpulang ke pangkuan Tuhan. Lagipula pada putusan pengadilan Tiga Raksa, Tangerang pernah menolak untuk pembuktian melalui cara cek DNA. Sehingga pembuktian tersebut tentunya hampir mustahil,” rincinya.

Selain itu Margono, adik dari Moerdiono masih yakin sang kakak tidak pernah menikah siri dengan Machica. “Saya kenal betul dengan kakak saya. Almarhum menyatakan secara langsung kepada kita bahwa tidak pernah nikah siri dengan Machica Mochtar,” tegasnya.
Andi F. Simangunsong adalah mantan kuasa hukum Poppy Dharsono yang pernah berseteru dengan Machica Mochtar. Sementara Poppy sendiri juga adalah wanita yang pernah dinikahi secara siri oleh Moerdiono.

Posted on Februari 26, 2012, in National News, Selebriti. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: