Sri Mulyani Dijagokan Jadi Presiden Bank Dunia

KOMPAS IMAGES/DHONI SETIAWAN Sri Mulyani Indrawati

JAKARTA, KOMPAS.com – Mantan Menteri Keuangan pada kabinet Indonesia Bersatu jilid I Sri Mulyani Indrawati disebut-sebut sebagai salah satu calon kandidat presiden Bank Dunia menggantikan pejabat sekarang Robert Zoellick.

Dalam sebuah pemungutan suara yang digelar sebuah blog yang beralamatkan di http://www.worldbankpresident.org itu, Sri Mulyani memperoleh 9.536 suara atau 85 persen dari suara yang masuk sebanyak 11.198 suara.

Dalam sebuah pemungutan suara yang digelar sebuah blog yang beralamatkan di http://www.worldbankpresident.org itu, Sri Mulyani memperoleh 9.536 suara atau 85 persen dari suara yang masuk sebanyak 11.198 suara.

Demikian hasil pemilihan suara yang diperoleh dalam situs http://www.worldbankpresident.org saat dikunjungi Kompas dari Jakarta, Minggu (26/2/2012) siang.

Dalam situs ini disebutkan juga nama-nama tokoh yang dianggap layak menjadi pengganti Zoellick, antara lain Kemal Dervis asal Turki yang pernah menjadi wakil presiden Bank Dunia untuk kawasan Timur Tengah. Kemal memperoleh 1.093 suara atau diurutan kedua setelah Sri Mulyani.

Selain itu diposisi ketiga Jairam Ramesh asal India, pernah menjadi menteri untuk urusan perkotaan. Ramesh memperoleh 112 suara.

Blog ini menyuarakan keinginan mereka untuk menekan dominasi Amerika Serikat dalam setiap pemilihan presiden Bank Dunia. Atas dasar itu, mereka membuka masukan dari pengunjung situs untuk mencalonkan tokoh-tokoh mereka yang berasal dari luar Amerika Serikat. Hingga Minggu siang sudah ada sembilan tokoh yang diusulkan, termasuk di antaranya Sri Mulyani.

Blog ini sendiri dibuat sejak Januari 2005 ketika mantan presiden Bank Dunia James Wolfensohn mengumumkan pengunduran dirinya. Blog ini dibuat untuk memberikan pencerahan kepada publik dunia agar aktif mengusulkan calon presiden Bank Dunia dari negara-negara dunia ketiga.

Posted on Februari 26, 2012, in International News, National News. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: