Ribuan Orang Iringi Pemakaman Kiai Faqih

Kompas/Adi Sucipto Kisswara Ribuan orang mengiringi pemakaman pengasuh Pondok Pesantren Langitan, Tuban, KH Abdullah Faqih, Kamis (1/3/2012) pukul 13.00 WIB.

TUBAN, KOMPAS.com — Ribuan orang mengiringi pemakaman pengasuh Pondok Pesantren Langitan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, KH Abdullah Faqih, Kamis (1/3/2012) sekitar pukul 13.00 WIB. Banyaknya masyarakat yang turut mengantarkan Kiai Faqih menuju pusara menyebabkan arus lalu lintas Babat-Tuban macet total.

Sebelum dimakamkan, jenazah dishalatkan dalam beberapa gelombang dipimpin sejumlah kiai berbagai daerah. Di antara yang menjadi imam shalat jenazah adalah KH Maimun Adnan dari Gresik; KH Agus Ali Masyhuri dari Tulangan, Sidoarjo; KH Husein Jakfar Al Hadad dari Lamongan; KH M Mahdum dari Pati, Jawa Tengah; KH M Idris Abdul Khamid dari Pasuruan; dan Imam Abdul Rozak dari Bonang, Lasem, Jawa Tengah.

Seusai shalat jenazah dan doa terakhir sekitar pukul 11.45 hujan deras mengguyur. Hujan reda saat shalat dzuhur. Seusai shalat dzuhur, jenazah Kiai Faqih dimakamkan.

Dalam kesempatan ini Bupati Tuban Fatkhul Huda dan Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein ikut shalat jenazah. Sebelumnya, artis dangdut Inul Daratista juga datang ke rumah duka untuk menyampaikan belasungkawa.

Menurut Noor Nahar Hussein, masyarakat kehilangan salah satu sosok yang jadi panutan. “Bukan hanya bagi warga Tuban atau Jawa Timur, tapi seluruh negeri ini merasa kehilangan,” kata Noor.

Posted on Maret 1, 2012, in Obituari. Bookmark the permalink. Tinggalkan komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: